Begini Cara Kerja ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

ORI (Obligasi Ritel Indonesia) merupakan sebuah investasi ritel yang pembelian unitnya cukup terjangkau, yakni mulai dari 5 juta rupiah. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi di obligasi ritel ini, ada baiknya Anda mengetahui serba-serbi dari ORI ini, termasuk cara kerjanya. Berikut ulasan mengenai cara kerja obligasi ritel Indonesia tersebut.

Bagaimana Cara Berinvestasi di Obligasi Ritel Indonesia?

Anda bisa berinvestasi di ORI dengan menghubungi berbagai agen di setiap kota di Indonesia. Terdapat 18 agen yang bisa Anda hubungi, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, Permata, BCA, Bukopin, Niaga, NISP, BII, Citibank, HSBC, Lippo, Danamon, dan Mega. Anda juga dapat membelinya di cabang perusahaan sekuritas seperti Tri Megah, Reksadana, dan Relience.

Jika Anda ingin memegangnya sampai jatuh tempo (hold to maturity), Anda bisa menanamkan investasi Anda hingga tiba tenor. Jika Anda memegang investasi ORI Anda sampai jatuh tempo dan tidak menjualnya di pasar sekunder, Anda bisa menikmati keuntungan berupa kupon atau imbal setiap bulan selama 3 tahun.

Bisakah Menjualnya di Pasar Sekunder?

Meski obligasi ritel mempunyai tenor hingga 36 bulan, Anda tidak harus memegangnya sampa jatuh tempo tiba. Anda bisa menjualnya ke pasar sekunder setelah dua periode kupon telah berlalu.

Tahukah Anda? Menjual obligasi di pasar sekunder dapat memberikan keuntungan  jika Anda menjualnya di atas harga par. Harga par obligasi sendiri 100. Maka, jika Anda menjualnya di atas harga 100, seperti 101, 102, atau di atas itu, Anda bisa meraup keuntungan berupa capital gain. Perlu diingat, jangan menjual obligasi di bawah harga par agar Anda tidak rugi.

Berapakah Pajak Bunga ORI?

Seperti produk obligasi lainnya, ORI (Obligasi Ritel Indonesia) juga terkena pajak bunga obligasi sebesar 15 persen. Perlu Anda tahu, pajak pada ORI ini bersifat final. Imbal hasil yang Anda nikmati akan ditransfer langsung melalui rekening dan sudah dipotong pajak.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara kerja ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang perlu Anda ketahui sebelum menanam investasi di sektor tersebut. Jangan ragu untuk menanamkan investasi pada ORI, karena investasi ini aman dan dijamin oleh pemerintah. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan berbagai keuntungan dan pendapatan tetap dari investasi ritel ini. Bagaimana, Anda siap untuk berinvestasi?

Leave a Comment